Penyakit Diabetes: Pengertian dan Cara Mencegahnya

Penyakit Diabetes: Pengertian dan Cara Mencegahnya – Diabetes mellitus, yang lebih dikenal sebagai Diabetes, merupakan penyakit kronis yang ditandai oleh tingginya kadar glukosa (gula) dalam darah. Diabetes dapat mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh dan memerlukan perawatan jangka panjang. Namun, ada berbagai langkah yang dapat diambil untuk mencegah diabetes. Dalam Artikel ini, kita akan membahas tentang Pengertian Diabetes dan juga beberapa tips untuk mencegahnya.

1. Apa itu Diabetes?

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan atau menggunakan insulin dengan efektif. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berperan dalam mengatur kadar glukosa dalam darah. Terdapat dua tipe diabetes utama:

  1. Diabetes Tipe 1: Diabetes tipe 1 terjadi ketika sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin rusak oleh sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita diabetes tipe 1 bergantung pada suntikan insulin sepanjang hidup mereka.
  2. Diabetes Tipe 2: Diabetes tipe 2 adalah jenis yang paling umum dan berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan obesitas. Pada diabetes tipe 2, tubuh masih memproduksi insulin, tetapi tidak cukup atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Kadar gula darah nomal dalam tubuh kita adalah < 100 mg/dL sedangkan kadar gula darah puasa adalah 70-130 mg/dL untuk orang yang telah berusia lebih dari 12 tahun.

Baca juga: Mengenal Kolesterol dan Cara Mengatasinya.

2. Cara Mencegah Diabetes:

Meskipun diabetes tidak selalu dapat dicegah, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2:

1. Gaya Hidup Sehat:

  • Makan Sehat: Pilih makanan yang seimbang dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan garam.
  • Kendalikan Berat Badan: Jaga berat badan ideal sesuai dengan indeks massa tubuh (IMT) yang sehat. Obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2.
  • Aktivitas Fisik: Lakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda. Setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat per minggu disarankan.
  • Hindari Merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jika Anda merokok, cari bantuan untuk berhenti merokok.

2. Pantau Kadar Gula Darah:

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memantau kadar gula darah. Ini penting terutama jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau memiliki faktor risiko lainnya.
  • Kenali Gejala Awal: Ketahui gejala diabetes, seperti sering buang air kecil, haus yang berlebihan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, dan luka yang sulit sembuh.

3. Kurangi Stres:

Kelola stres dengan baik melalui kegiatan yang menyenangkan, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau hobbi. Stres kronis dapat mempengaruhi kadar gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.

4. Minum Air Putih yang Cukup:

Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Menggantikan minuman berkalori tinggi dengan air putih dapat membantu menjaga berat badan dan mengontrol kadar gula darah.

Pada dasarnya, Diabetes adalah penyakit kronis yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Meskipun tidak selalu dapat dicegah, langkah-langkah seperti menerapkan gaya hidup sehat, memantau kadar gula darah, mengelola stres dan menjaga hidrasi dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Penting untuk mengadopsi kebiasaan hidup yang sehat dan menjaga keseimbangan antara pola makan yang baik, aktivitas fisik, dan pengelolaan stres guna mencegah diabetes dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.