Pengertian Omega-3 dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Pengertian OMEGA 3 dan manfaatnya bagi tubuh

Pengertian Omega-3 dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh –  Omega-3 adalah asam lemak esensial yang memainkan peran penting dalam fungsi otak dan pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh. Omega-3 sangat diperlukan oleh tubuh manusia namun Omega-3 ini tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, asupan OMEGA-3 harus diperoleh dari makanan atau suplemen. 

Ada tiga jenis utama dari Omega-3 yaitu Asam Alfa-Linolenat (ALA), Asam Eikosapentaenoat (EPA), dan Asam Docosahexaenoat (DHA).

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan:

Berikut ini adalah manfaat OMEGA-3 bagi kesehatan tubuh kita.

  • Kesehatan Jantung: Mengkonsumsi Omega-3 dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit jantung.
  • Kesehatan Otak: Omega-3 penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Omega-3 juga dapat membantu melindungi terhadap Alzheimer dan demensia pada orang dewasa.
  • Kesehatan Mata: DHA merupakan komponen penting dari retina di mata. Konsumsi cukup Omega-3 dapat membantu mencegah penyakit mata makular.
  • Kesehatan Tulang dan Sendi: Omega-3 dapat menambah kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis serta juga dapat mengurangi gejala arthritis.
  • Mood dan Kesejahteraan: Mengkonsumsi Omega-3 secara reguler dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Makanan yang Mengandung Omega-3

Selain asupan dari Suplemen yang dikhususkan untuk menyediakan OMEGA-3, Beberapa makanan yang dapat kita nikmati untuk memberikan Omega-3 ke tubuh kita.

  • Ikan Berlemak: Ikan seperti salmon, makarel, dan sarden merupakan sumber terbaik dari Omega-3.
  • Kacang dan Biji-Bijian: Jenis kacang seperti walnut dan biji chia mengandung ALA, salah satu bentuk Omega-3.
  • Sayuran Berdaun Hijau: Sayuran seperti bayam dan kale juga mengandung Omega-3.
  • Telur: Telur dari ayam yang diberi makan dengan omega-3 atau yang diperkaya dengan omega-3 merupakan sumber yang baik.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Omega 3 Tertinggi.

Pada dasarnya, seseorang bisa mendapatkan asupan Omega-3 dari berbagai sumber makanan asalkan mereka memiliki diet yang beragam dan seimbang. Namun jika diperlukan, juga tersedia suplemen Omega-3 yang bisa digunakan sebagai alternatif. Perlu diketahui bahwa segala bentuk penambahan suplemen atau perubahan pola makan harus selalu dikonsultasikan dengan tenaga medis profesional.